Tips dan trik setting email bisnis menggunakan gmail

Jadi gini, kamu mungkin pernah dapat email@namabisnis.com atau sejenis itu pada gmail kamu ya kan? Kali ini penulis akan membahas mengenai pengaturan tersebut agar email@namabisnis.com dapat diakses dan digunakann melalui gmail. Sebenernya ada banyak cara untuk menggunakan email@namabisnis.com pada gmail tapi poin besarnya hanya dua bagian : gratis dan berbayar.

Cara pertama : Berbayar, bisa melalui google workspace atau sebelumnya dikenal dengan nama google for education. Penulis masih mempelajari tentang ini sehingga belum bisa menulis banyak tentang itu disini. Atau bisa melalui jasa yang menghubungkan email@namabisnis.com dengan gmail tadi. Kemudian cara kedua : Gratis, dengan ketentuan pertama ini bisa digunakan oleh sekolah yang sudah terdaftar di pd.data.kemdikbud.go.id lalu untuk Perguruan Tinggi apakah ada juga yang gratis? hingga saat ini penulis belum menemukannya sehingga jika kamu menemukannya silahkan share dikolom komentar ya… lumayan kaan hehhe. Kita lanjut pada ketentuan kedua yaitu setting email@namabisnis.com melalui server domain namabisnis.com.

Pada dasarnya

settingan email@namabisnis.com melalui gmail

hanya bisa dilakukan jika memiliki domain atau halaman website.

Kali ini kita akan melakukan setting berdasarkan cara paling terakhir dan (mungkin) paling mudah (nggak juga sih) yaitu setting email@namabisnis.com melalui gmail.com dengan ketentuan bahwa email@namabisnis.com sudah di forward ke gmail. Secara ringkasnya, urutan yang harus dilakukan adalah :

  1. Forward akun dari webmail ke gmail
  2. Setting send email as pada account and import yang ada di gmail

Cara pertama diatas biasanya dilakukan oleh pihak operator (akan kita bahas pada lain kesempatan). Sedangkan cara kedua dilakukan oleh pemilik akun gmail itu sendiri sehingga nanti pada email kita akan mempunyai pilihan alamat email lainnya namun masih digunakan melalui gmail, kira-kira nanti tampilannya bisa menjadi seperti dibawah ini :

Kelebihannya : Agar email kita terlihat lebih profesional tentunya. Ini bisa dilakukan secara gratis selama kita memiliki domain.

Kekurangannya : perlu sedikit pengaturan dari gmail agar fitur ini bisa digunakan. Hanya bisa digunakan untuk gmail (sejauh yang penulis tau hingga saat ini).

Baik, setelah bercerita (agak) sedikit hingga kelebihan dan kekurangan, mari kita lanjut untuk percobaan tahap kedua yaitu Forward akun dari webmail ke gmail. Setting send email as pada account and import yang ada di gmail. Caranya adalah sebagai berikut :

(Disarankan melakukan pengaturan melalui desktop atau laptop atau PC)

  1. Buka gmail yang sudah diforward
  2. pilih see all setting pada pengaturan yang ada disebelah kanan atas

3. pada Accounts and Import pilih send mail as kemudian klik Add another email address

4. tulis alamat email@namabisnis yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk contoh kali ini penulis mengambil nama kampus tempat penulis bekerja yaitu namapenulis@stie-tn.ac.id. Kemudian klik Next Step

5. Pada bagian SMTP Server yang perlu diperhatikan adalah port dan password. Pastikan port nya adalah : 587 sedangkan password adalah : password email@namabisnis (ini bisa didapat melalui operator yang membuatnya). Lalu pilih TLS (recomended) dan terakhir klik Add Account

(saran : sebaiknya menggunakan port : 465 dan SSL. Namun jika tidak memungkinkan maka gunakan port : 587 dan TLS)

6. Pada tahap ini silahkan konfirmasi operator untuk melakukan verifikasi diluar gmail. Sekedar untuk melihat tampilannya seperti contoh dibawah ini

7. pada tahap ini penulis anggap bahwa kita sudah mendapatkan confirmation code diatas kemudian masukkan kedalam kolom yang disediakan sebelah kanan kemudian klik verify (setelah tahap 5 diatas lanjut ke tahap 7 dibawah ini). Perhatikan pada bagian sebelah kiri yang ditandai dengan centang merah sebanyak dua kali, itu menandakan bahwa saat ini gmail kita bisa digunakan untuk dua nama, yang pertama adalah personal (gmail) sedangkan yang kedua adalah bisnis (nama bisnis). Seperti pada contoh dibawah ini

8. Selesai dan berhasil. Untuk mengetahuinya dapat dilihat pada gambar dibawah ini

Tahap Uji Coba

Kita akan mengirim email melalui email bisnis yang sudah di setting sebelumnya.

  1. buka gmail
  2. pilih tulis atau compose
  3. ubah nama email personal menjadi email bisnis menjadi seperti dibawah ini

Selamat mencoba!

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *