Seberapa penting MySQL JDBC Driver pada sebuah Library didalam Project?

Jika kamu sudah membuat class koneksi.java pada sebuah project maka pemahaman kamu adalah data yang akan diinput dari antarmuka netbeans akan langsung tersimpan kedalam localhost mysql? tidak semudah itu ya ferguso. Masih ada hal lain yang perlu kamu tambahkan supaya antara database MySQL dan netbeans terhubung satu sama lain. Kalo dalam sebuah hubungan mereka statusnya sudah pacaran, bukan friendzone.

Caranya gampang.

  1. Pastikan kamu berada pada project yang akan ditambahkan MySQL nya
  2. pilih Libraries
  3. klik Add Library

4. Pilih MySQL JDBC Driver

5. klik Add Library

6. Selesai

Jika sudah berhasil maka tampilannya akan menjadi seperti dibawah ini

Apakah sudah selesai? tentu saja belum, karna masih ada package utama yang berwarna merah ya kaan. Ada dipembahasan selanjutnya ya.

Untuk pembahasan MySQL ini, jadi sebenernya ada berapa banyak koneksi yang harus dihubungkan dari database kedalam sebuah interface pemrograman? Untuk kasus kita yang menggunakan Xampp dan netbeans maka :

  1. Xampp. Berguna untuk mengaktifkan MySQL dari Apache (localhost)
  2. Netbeans. Membuat class koneksi.java serta menambahkan MySQL JDBC Driver kedalam library. Karna didalam koneksi.java terdapat listing yang isinya kira-kira begini, kalo mau akses MySQL dari Netbeans maka harus tambahkan JDBC Driver dulu. Gitu

Jika saya tidak menambahkan MySQL JDBC driver pada Library apa yang akan terjadi? yang akan terjadi adalah data hanya bisa diinputkan melalui localhost, tidak bisa ditambah melalui interface netbeans. Gitu sih logika nya, silahkan dicoba sendiri.

Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

RSS
Follow by Email
Twitter
Visit Us
Follow Me