Ini alasan kenapa harus run file sebelum listing dibuat

Saat ini kamu sedang membuat sebuah JFrame Form pada netbeans, perlu diketahui bahwa fungsi pemrograman adalah hanya untuk tampilan antar muka antara pengguna dan database. Asumsinya adalah agar pengguna dengan mudah memahami alur data yang perlu diinput kedalam sebuah sistem sederhana yang sedang kita buat.

Pada tahap ini diasumsikan bahwa kamu sudah selesai membuat sebuah database beserta tabel dan juga field yang terkait dengan itu, serta kamu sudah membuat class koneksi.java. Class koneks.java berfungsi untuk menghubungkan database yang ada di MySQL dengan desain JFrame Form berbahasa java pada netbeans. Jika class koneksi.java tidak dibuat maka besar kemungkinan data akan diinputkan oleh pengguna tidak akan sampai kedalam database.

Langkah selanjutnya adalah desain form, adalah saat ini yang sedang kamu kerjakan. Agar kamu tidak kerja dua kali maka pastikan JFrame Form yang kamu buat sudah tampil secara keseluruhan seperti gambar dibawah ini :

Lalu, bagaimana jika saya tidak melakukan pengecekan melalui run file apakah tidak masalah? Silahkan saja dilanjutkan, hanya saja jika nanti tampilan JFrame Form kamu tidak seperti gambar diatas melainkan seperti gambar dibawah ini

Mungkin kita bisa berfikir begini, gampang itu mah, tinggal digedein aja ukuran framenya. Tapi logikanya begini, jika setiap run file ukuran frame nya harus kamu ubah maka nanti jika program ini akan digunakan oleh pengguna apakah harus diperbesar setiap kali dibuka oleh mereka? Seharusnya tidak begitu, membahas tentang kemauan pengguna akan membutuhkan waktu khusus lain untuk dibahas tapi intinya begini jika pengguna dibuat ribet (sedikit saja, apapun itu) maka mereka tidak akan mau menggunakan jasa kita dikemudian hari.
Seharusnya pada saat run file tampilan frame sudah tampil secara keseluruhan agar pengguna tinggal mengisi formnya saja, maka dari itu perlu diperhatikan bahwa pastikan tampilan fram sudah sempurna seperti gambar diatas sebelum kamu memasukkan listing kedalam JButton dan mengubah listing apapun dibagian source didalam netbeans.

Lalu cara run file bagaimana? Pastikan kamu berada pada bagian Design Netbeans lalu klik run kemudian klik run file

Jika pada saat melakukan compile (run file) frame tidak tampil sepenuhnya maka yang harus kamu lakukan adalah edit desain frame nya terlebih dahulu. Ulangi kembali klik-drag tools nya kemudian compile kembali. Setelah frame tampil seluruhnya (seperti pada gambar paling atas) maka silahkan lanjutkan membuat listingnya.

Keterangan : Compile adalah melakukan tes sebuah pemrograman atau pengecekan koding sehingga tidak ada lagi error pada saat digunakan oleh pengguna akhir atau end user nantinya.

selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

RSS
Follow by Email
Twitter
Visit Us
Follow Me