Optimasi Kuota Internet dari Kemendikbud

Efek pandemi yang dirasakan pada dunia pendidikan tidak menyurutkan minat belajar mahasiswa & dosen atau setidaknya ada banyak alternatif metode pembelajaran yang perlu disesuaikan dengan keadaan saat ini yang tentunya memiliki pro & kontra.

Kemendikbud yang mengetahui kendala yang dihadapi oleh dunia pendidikan tidak hanya diam, salah satu bantuan yang diberikan diantaranya adalah kuota internet. Sampai disini, penulis tidak akan memperpanjang tentang kemendikbud namun lebih ke optimasi kuota yang telah diberikan mereka. Jika membahas ttg kemendikbud, penulis khawatir terjadi kesalahan informasi yang mana penulis sangat minim pengetahuan tentang instansi tersebut. Sehingga yang akan dibahas hanya mengenai beberapa jenis media yang disupport oleh mereka atau setidaknya yang penulis gunakan dan mungkin beberapa diantara pembaca juga menggunakan.

Melansir laman dari suara dot com tentang daftar bantuan kuota dari pemerintah diantaranya terdapat bantuan untuk pengguna ganeca digital, zoom, whatsapp dan google classroom. Cus mari kita bahas persatu-satu.

1. Whatsapp. The best (not really, but mostly) app in the world, ntah yaa yang jelas banyak digunakanlah pokoknya. Awal-awal menerima bantuan kuota si penulis kurang tau aplikasi apa saja yang di support oleh pemerintah, whatsapp diantaranya. Berhubung sekarang udah tau, gas!. Optimasi berupa video call, ini bisa digunakan setelah dosen memberikan tugas katakanlah melalui google classroom atau zoom. Penulis yakin bahwa banyak diantara mahasiswa mengerjakan tugas secara kelompok, dengan maksimal anggota sebanyak 8 orang, gunakan fitur tersebut. Ini sangat berguna buat yang sering gabut ato mageran keluar rumah, tapi jangan video call dosen ybs yaa kalo mau nanya-nanya tentang tugas kecuali jika dosennya tiada mempermasalahkan hal tersebut. Jangan pacar doang yang sering & lama di video call-in, pacaran itu nanti aja kalo udah nikah biar (no bahas tentang pacar lah ya, beda tema)

2. Zoom meeting. Optimasi berupa webinar, ketika ada Web Seminar maka rajin-rajinlah kamu menghadirinya. Lumayaan, dapat e-sertifikat dan lebih lumayan lagi kalo acaranya gratis. Ikuti semua tema webinar yang sesuai dengan minat kamu, siapa tau lain kesempatan dibutuhkan ketika melamar pekerjaan ya kaan? Ya doong.. Nanti tinggal print aja, gampang. Karna masih seputar video call, untuk yang mau beda atau setidaknya mencoba hal baru maka ini bisa dijadikan alternatif. Dengan kapasitas anggota 50 orang dan durasi 40 menit, rasanya ini udah lebih dari cukup untuk pengguna gratis. Hanya saja ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan sebelum meeting dimulai seperti misalnya share link agar pengguna lain dapat bergabung. Tak payah, kalo ada niat disitu ada blackpi*k. Jika sudah menguasai, tingkatkan skill zoom meeting nya seperti menghubungkan zoom meeting & live youtube. Untuk pengguna zoom versi free harus menggunakan aplikasi tambahan seperti misalnya OBS agar bisa berjalan di youtube. Sedangkan untuk pengguna zoom premium (lisenced), fitur live youtube sudah bisa langsung digunakan. Dengan catatan, go live dari youtube dihubungkan ke zoom meeting memerlukan waktu minimal 24 jam sebelum streaming bisa dilakukan di kedua aplikasi tersebut. Fitur zoom gratis ataupun berbayar itu serupa tapi tak sama. Nah, yang hobi mabar jadi punya ide nih kayaknya supaya bisa jadi the next lemon.

3. Google classroom. Alihkan medsos kamu dari facebook atau instagram ke google classroom, perbanyak interaksi dalamnya agar suasana terasa hidup namun tetap formal. Jika kalimat yang digunakan tidak mengandung unsur SARA maka penulis rasa tidak ada masalah. Kecuali jika dosen yang bersangkutan tidak menginzinkan siapapun kecuali beliau yang mengisi di Forum/Streaming di google classroom.

4. Ganeca digital. Buat yang suka baca, sekali dua kali kesempatan bolela iseng-iseng kesini sapa tau ada materi yang terkait dari tugas yang barusan dosen kasih ya gak? Terkadang penjelasan dari buku yang udah pinjam di pustaka tak dapat eh waktu searching di ganeca nemu, kan lumayan. Syarat menjadi anggota di ganeca digital? Penulis yakin bagian perpustakaan masing-masing kampus sudah mempersiapkan tentang itu. Disana ada detective conan versi terbaru nggak yaa?

Demikian cerita (agak) singkat, semoga mudah dipahami. Untuk materi mengenai zoom, penulis rasa perlu dibuat materi berbeda karna ada banyak penyesuaian baik dari segi aplikasi maupun spesifikasi RAM yang setidaknya dimiliki supaya ketika streaming tidak terjadi lag dan sebagainya.

Terimakasih sudah singgah, jika ada kalimat yang salah harap dimaafkan karna penulis masih banyak kekurangan daripada kelebihan.Ssilahkan tinggalkan komentar atau share ke teman-teman jika merasa bahwa ini bermanfaat.

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *