Upgrade Doku Wallet ke Premium

Hallo selamat kembali bergabung, supaya kesannya postingan saat ini dan sebelumnya terkesan saling terkait (karna memang dibuat begitu) kita review sedikit yaa. Langkah pertama memulai FB Ads adalah membuat Fanpage disini kemudian settingan awal Fanpage disini dilanjutkan dengan perubahan settingan pada instagram disini karna FB dan Ig saling terkait kalau masalah iklan yang mana pusatnya di FB tadi. Nah setelah Fanpage dan Ig disetting ke bisnis maka langkah selanjutya yang juga wajib yaitu konten disini intinya adalah konten merupakan bumbu rahasia suksesnya closingan terjadi sehingga produk menjadi laku terjual.

Sebelum dimulainya penanyangan iklan ada beberapa tahap yang harus dijalankan diantaranya ialah mengetahui cara mengelola akun bisnis disini dan mengetahui jenis-jenis iklan yang disediakan FB Ads agar sesuai dengan target dan budget yang kita miliki disini dan juga jenis-jenis iklan yang disediakan Ig Ads disini kemudian cara mengisi saldo dari Doku Wallet ke FB dapat dilihat disini . Harap pelajari langkah-langkah sesuai saran penulis yang ada dipostingan ini agar tidak nyasar sendirian. Juga agar tidak salah langkah atau setidaknya ada data yang bisa dipelajari sehingga kedepannya tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti sebelumnya.

Kemudian aplikasi tambahan diluar itu yang perlu digunakan adalah Doku Wallet, kenapa harus Doku Wallet? karna selain itu yang biasa diterima oleh pihak FB adalah kartu debit/kredit dari 3 bank diantaranya Bank Permata, Bank Mandiri dan BTPN (Jenius) yang memiliki VISA. Lagipula kartu debit/kredit tersebut diperuntukkan bagi pebisnis profesional, sehingga untuk kita (anda dan saya tentunya) yang masih dalam tahap belajar bisa menggunakan Doku Wallet yang artinya kita termasuk pebisnis personal.

Tapi bisnis yang saya jalankan bukan milik saya…. atau bisnis ini milik keluarga/saudara yang mana saya dipercayakan untuk mengelola atau bekerja didalamnya yang kemudian dijadikan objek dari praktek ini…. sehingga bisnis ini adalah profesional karna lokasi dan surat izin juga ada… itu bagaimana?

Tidak masalah, bisnis personal dimaksud disini adalah dari sisi akun FB Ads yaitu Fanpage yang merupakan hal baru sehingga nanti jika sudah memahami sedikit banyak atau sudah siap dengan tingkatan selanjutnya bisa di upgrade menjadi bisnis profesional dengan mempersiapkan pixel pada Fanpage yang dihubungkan ke website olshop kita. Apalagi itu Pixel? (pembahasan terpisah yaa, penulis juga sedang mendalaminya) Sedangkan untuk toko atau bisnis secara fisik tentu disesuaikan dengan keadaan yang berlaku atau sebenarnya. Dengan dipelajarinya metode promosi dengan cara baru ini diharapkan dapat membantu perekonomian, lagipun olshop masih menjadi tren sehingga kita harus mempersiapkan diri untuk itu.

Promosi yang dilakukan dengan menggunakan beberapa diantaranya status wa atau membuat WAG atau ngetag manual temen-temen di postingan Ig atau FB termasuk cara lama (walau masih banyak yang menggunakan hingga saat ini & tidak ada larangan apapun untuk hal itu karna itu hak siapapun) hanya saja terkadang akan menjadi sedikit menggangu bagi sipenerima (namun ini tidak semua juga, hanya pengalaman pribadi penulis yang kebanyakan diikutkan WAG olshop dan hal-hal diatas tadi).

Makanya berdasarkan pengalaman tersebut penulis mencoba sesuatu yang baru ini. Tapi nggak semua orang suka dengan iklan bersponsor… atau sangat menggangu feed saya misalnya. Simpelnya, ketika targeting kalo mereka tidak mau maka mereka tidak perlu membuka atau klik konten kita ya kan? lain halnya jika kita di tag manul atau di jejelin postingan yang kita (saat itu) tidak inginkan, maka gambar akan tetap tertinggal di akun kita (misalnya FB & Ig karna temen jadi segen ya ngapusnya, tapi kalo emang disukai yaa tidak masalah, hak masing-masing) Gimana? sampai disini sudah paham ya maksudnya (semoga paham wkwk)

Kelebihan promosi dengan cara yang pertama (status wa dkk) ialah free cost, jika punya banyak waktu luang ini dapat dikerjakan dan target lebih mudah dikenali karna biasanya ini dalam lingkup kecil (sebatas kontak di wa atau follower di Ig dan friends di FB). Kekurangan jika ingin share produk dalam jumlah banyak atau target dalam jumlah besar bisa kewalahan juga tuh. Waduh!

Kelebihan promosi dengan cara yang kedua (FB Ads & Ig Ads) target dan jangkauan bisa diperluas tidak hanya tergantung pada status wa dkk bahkan kita bisa menyimpan nomor pelanggan menggunakan form yang disediakan untuk prospek lebih lanjut (jenis iklan prospek). Kekurangannya adalah biaya. Ngomong-ngomong soal biaya, sebelumnya penulis berfikir untuk apa biaya iklan dikeluarkan? mubazir, ye kan? namun setelah saya ke klinik tongf*** eh bukan maksudnya setelah dipelajari tentang biaya iklan ini barulah dimengerti bahwa setiap bisnis apapun perlu menyisihkan biaya iklan (ini berlaku buat swasta, bukan untuk pemerintah karna itu dilarang setau penulis yang sempat berkonsultasi tentang hal ini dengan teman yang bekerja di sektor pemerintah yang menangani berbagai hal tentang website(setidaknya jurusan kita dulu digunakannya, tidak seperti penulis jurusan IT menyasar ke akuntansi tapi tidak masalah karna saat ini akuntansipun memerlukan IT mau tidak mau suka tidak suka sehingga pengetahuan ini tentu penulis modif sesuai dengan keadaan. Thanks GOD!!)). Kembali lagi, info mengenai penggunaan iklan menggunakan berbagai media dapat dilihat dari rangkuman dibawah ini yang penulis ambil referensinya dari sini

referensi : dailysocial.id

Nah dari review diatas semoga bisa sedikit dimengerti alasan mengapa Doku Wallet di gunakan untuk pembayaran iklan dan juga penggunakan FB Ads yang banyak digunakan oleh masyarakat seperti grafik dibawah ini yang penulis ambil referensinya dari databooks.katadata.co.id.

referensi : databoks.katadata.co.id
LALU?

Saatnya kita melakukan upgrade akun Doku Wallet, gunanya untuk apa? untuk mempermudah transfer uang dan penyimpanan maksimal hingga 10 juta. Banyak amat 10 juta macam ada uang sebanyak itu, tidak masalah itu udah termasuk kemudahan yang diberikan dan penggunaannya tetap terserah kita dong. Apakah ada biaya adm perbulan? Tidak! Biaya adm hanya berlaku ketika mengisi saldo, besarnya biaya tergantung gerai. Penulis memiliki 5 e-wallet diantaranya LinkAja, OVO, Dana, Gopay, dan DOku Wallet yang semuanya sudah di upgrade ke premium dan rencananya akan menambah 1 atau dua apps lagi untuk keperluan bisinis tentunya karna prosesnya cukup mudah dan tanpa biaya adm bulanan. Lumayan kan? kalo nyimpan di Bank misalnya 100k aja, beberapa bulan lagi abis tu uang karna biaya adm apalagi untuk kantong mahasiswa biasanya Bank berguna untuk keperluan tertentu bukan digunakan untuk kebutuhan. Lalu apakah penulis juga menabung di Bank? tentu saja, biar bagaimana pun Bank tetap diperlukan, namun jika simpanan hanya 100k tadi maka lebih baik tidak menyimpan uang di Bank. Kelebihan dan kekurangan masing-masinglah pokoknya sesuai kebutuhanlah ya, jan emosi gitu sama penulis, santuy…

Akhirnya sampai juga di paragraf terakhir (walapun bukan akhir dari segalanya), sebenernya cara upgrade nya gampang. Yang ribet itu adalah kegunaan dan manfaat penggunaannya, makanya diawal penulis jelaskan dulu tentang urutan-urutan kemudian kelebihan dan kekurangannya supaya anda juga setidaknya mendapatkan pemahaman tentang ini juga, tinggal nanti disesuaikan dengan kebutuhan anda. Baik, syarat upgrade akun premium Doku Wallet hanya dua yaitu foto kopi KTP dan selfie diri bersama KTP, lengkapnya dibawah ini kuy :

  1. Buka aplikasi Doku Wallet
  2. Untuk pertama kali, silahkan daftar akun terlebih dahulu, agar bisa memiliki akun Basic yang kemudian bisa diajukan menjadi akun Premium
  3. Masuk ke Edit Akun lalu pilih Lengkapi Profil
  4. Foto KTP menggunakan kamera belakang, sesuaikan posisi KTP dengan Frame yang disediakan
  5. Koto selfie diri bersama KTP menggunakan kamera depan, sesuaikan posisi KTP dengan frame yang disediakan
  6. Tunggu konfirmasi 2 X 24 jam, tapi kadang juga cepet. Pengalaman penulis itu hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menitan info upgrade udah bisa didapat.
tampilan depan Doku Wallet
Info Profil yang sudah upgrade kea akun premium

Selesai deh, oiya penulis lupa jika ada pertanyaan. Untuk apa akun premium jika sudah memiliki akun basic? Jawabannya supaya bisa transfer, karna akun basic tidak bisa menggunakan fitur itu. Lalu pertanyaan lainnya siapa yang transfer ke siapa? Jawab : saya akan melakukan transfer uang sejumlah tertentu ke akun Doku Wallet anda yang dibuat perkelompok untuk meminimalisir fraud.

SIAPKAN DIRI ANDA KARNA KITA BERHUBUNGAN DENGAN UANG YANG SIFATNYA SENSITIF UNTUK APAPUN DENGAN ALASAN APAPUN.

LAPORAN BIAYA WAJIB DILAMPIRKAN SEJUMLAH IKLAN YANG DITAYANGKAN, UNTUK LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN PENGGUNAAN DANA YANG TELAH DICAIRKAN.

SIFAT AKUNTABEL DARI TEORI YANG SUDAH ANDA PELAJARI BISA DIPRAKTEKKAN MULAI DARI SINI.

GOOD LUCK!!

WARNING!!!

Gimana, mudah ya? Mudah donk, yang sulit itu memulainya ya kaan. Jangan lupa komentar & share supaya pinternya nggak sendirian

Selamat mencoba

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *