Jenis-jenis iklan yang ada di Facebook Ads

Hallo, selamat kembali bergabung. Setelah mengetahui cara login pada FB Ads maka kali ini kita akan mencari tahu tentang jenis-jenis iklan yang ada di Fanpage serta fungsi-fungsinya.

Fasten your seatbelt, it’s getting harder.

CMIIW.

Mari kita kuy :

1.Login FB ads melalui akun pribadi atau melalui fb bisnis manajer

2. Create Ads

3. Tentukan jenis Ads

jenis-jenis iklan 1
jenis-jenis iklan 2

4. Buat nama campaign, setting target, budget, ulas dan iklan siap tayang. Selama atau setelah tayang, hasil iklan dapat dilihat sebagai berikut :

Laporan iklan

Dari gambar diatas, kolom pertama dan seterusnya kearah kanan diawali dengan Ad Name, delivery, Ad Set Name, Bid Strategy, Budget, Last Significant Edit, Result, Reach, Impressions, Cost per Result, Quality ranking, Engagement rate ranking, Conversion rate rangking, Amount spent, Ends, frequency, Unique link clicks.

Untuk pemula seperti anda dan saya yang perlu diketahui bisa disederhakan menjadi : nama iklan, target, jangkauan, batas budget, durasi (berapa lama, harian/mingguan/bulnanan yang disesuaikan dengan budget), dan hasil. Beda jenis iklan akan mempengaruhi hasil, beda biaya akan mempengaruhi jangkauan.

Penulis akan memberikan contoh yang gampang dulu hehhe yaitu jangkauan. Biaya iklan minimal berada dikisaran 15K atau 20K perhari, dengan jangkauan (katakanlah) 1000 pengguna medsos aktif, jadi dengan biaya iklan perhari sebesar 15K dengan jangkauan 1000 orang dikalikan durasi 5 hari maka didapat 15K X 5 hari = 75K dan jangkauan sebesar 5000 orang (didapat dari 1000 orang per hari X 5 hari). Ilustrasi lainnya sebagai berikut

jenis iklan adalah promosi website.

Jenis iklan diatas adalah promosi website, target kota dumai usia 18 hingga 65 tahun keatas

anggaran untuk jenis iklan promote website

Anggaran yang ditentukan adalah biaya minimal. Kolom sebelah kiri adalah rincian biaya iklan sedangkan kolom sebelah kanan merupakan preview ketika nanti iklan tayang. ada banyak jenis preview atau penayangan nantinya. Sehingga kita bisa dibuat bingung mana yang lebih baik digunakan? Pada sebagian kasus yang penulis alami, preview yang tersedia secara automatis biasanya adalah Mobile news feed, desktop news feed, messenger stories, instagram stories, instagram, dan marketplace. Jenis-jenis priview bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Pening? telan aja dulu :) 

Kalau tadi dari biaya, sekarang kita lanjut ke jenis-jenis iklannya.

Untuk mempersingkatnya, berikut adalah tabel result berdasarkan biaya iklan per klik berdasarkan jenis iklan, contoh yang penulis dalam bahasa indonesia nanti disesuaikan aja dengan tampilan masing-masing. Tapi memang disarankan menggunakan yang bahasa inggris supaya artinya nggak lari-lari.

Biaya iklan per klik = cost per resultDari jenis iklan
Biaya per klik tautan = Per Link Click (PLC)Lalu lintas kunjungan
Biaya per prospek di fb = Per On Facebook Leads (POFL)Pembuatan prospek
Per interaksi postingan = Per Post Engagement (PPE)Interaksi
Per 1.000 orang dijangkau = Per 1000 People Reach (PPR)Jangkauan
Per menanggapi acara = Per Event Response (PER)Tanggapan acara
Per percakapan pesan dimulai = Per Messaging Convers (PMC)Pesan
tabel perbandingan biaya iklan berdasarkan jenis iklan

Dari tabel diatas, dapat dirincikan lagi biaya per iklan atau cost per result seperti dibawah ini.

Diasumsikan saya paham nih (ceritanya), mulai dari mana? Jika belum di link kan dengan akun bisnis instagram maka jenis iklan yang tersedia biasanya masih sedikit sehingga lebih mudah untuk memulainya, kuykuy :

1. Create Ads

2. Tentukan target, budget, durasi dan ulas. Setelah itu klik promote

3. Lakukan pembayaran menggunakan Doku Wallet yang sudah di upgrade premium (Pembahasan terpisah)

4. Selesai

Gimana, mudah ya? Mudah donk, yang sulit itu memulainya ya kaan. Jangan lupa komentar & share supaya pinternya nggak sendirian

Selamat mencoba

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *