Menyiapkan frame dan konten untuk iklan FB Ads

Hallo selamat kembali bergabung, ketika iklan ditayangkan maka yang perhatikan oleh pelanggan adalah tampilan. Semakin simple tampilan maka semakin mudah diingat, jika isi konten yang dibuat terlalu ramai setidaknya akan mempersulit sipembuat dalam mendesain serta iklan menjadi tidak layak untuk dilihat walaupun tetap bisa ditayangkan. Hanya saja akan mempengaruhi efek seperti like atau follower yang urung untuk bertambah. Untuk itu terdapat beberapa trik agar konten yang dibuat setidaknya tidak terlalu monoton berdasarkan pengalaman penulis. Kuy :

  1. Ukuran frame

Ukuran frame yang umum digunakan untuk instagram post adalah 640 px X 640 px dengan resolusi 300 px atau 1080 px X 1080 px dengan resolusi 50 px atau 100 px, aspek resio 1:1. Sedangkan ukuran frame yang digunakan untuk facebook post biasanya 1200 px X 630 px dengan resolusi berkisar antara 50 px hingga 100 px, aspek rasio 40:21.

Untuk pemula, cukup menggunakan satu ukuran frame yang dapat mewakilkan instagram dan FB agar tidak merasa terlalu sulit. Nanti jika ingin mengembangkan skill atau bisnisnya maka dapat mencoba berbagai ukuran frame yang berbeda agar lebih mengoptimalkan tayangan iklan.

Ukuran frame yang manakah itu? Gunakan frame instagram dengan aspek rasio 1:1. Alasannya? Jika frame instagram di posting di FB, tampilan gambar akan menyesuaikan namun jika menggunakan frame FB tidak berlaku demikian di instagram, terdapat banyak celah yang kosong misalnya frame yang digunakan adalah landscape 4X6 di instagram maka akan menyisakan gambaran hitam dibagian atas & bawah atau menggunakan frame yang potrait juga akan menyisakan gambaran hitam dibagian kiri & kanan. Jadi sebaiknya gunakan frame square. Kembali lagi, jika sudah mumpuni, kemampuannya ditingkatkan yaa supaya pengalamannya juga bertambah. Info lengkap tentang frame bisa dilihat disini

Jika sudah menentukan ukuran, maka perlu dibuat frame yang menjadi ciri khas konten dari bisnis tersebut. Cukup buat 1 atau 2 frame, nanti tinggal ditambahkan desain. Buat frame dengan format image.png agar bisa menyatu dengan desain yang menggunakan format image.jpg dan file akhir disimpan dalam bentuk image.jpg

2. Desain frame

Pada desain, buat tampilan sesederhana mungkin. Background yang berwarna putih umum digunakan oleh para kreator, jikapun bukan berwarna putih setidaknya warna background tidak terlalu mencolok atau jomplang ketika dipadukan dengan gambar dan juga tulisan pada konten tersebut. Sedangkan untuk referensi gambar penulis biasanya mengambil dari freepik.com yang bisa digunakan secara gratis dan berbayar, jika digunakan secara gratis maka yang bisa di download maksimal perhari sebanyak 3 file. File download tadi terdiri dari image.jpg, image.ai, dan lisensi. Image.jpg artinya file tidak bisa diedit lagi sedangkan image.ai artinya file bisa diedit terlebih dahulu menggunakan adobe illustrator sebelum dibuat menggunakan adobe photoshop. Biasanya yang perlu diedit pada adobe illustrator terkait dengan tulisan pada draft yang diawali dengan lorem ipsum blablabla atau backgroundnya.

Desain dile disimpan dalam bentuk RGB yaa. Penulis pernah mendesain file dalam bentuk CMYK, ternyata instagram tidak bisa menerimanya. Tau dari mana? File tersebut tidak bisa diupload biar bagaimanapun caranya. Apa beda RGB dan CMYK? Perbedaan utama terletak pada hasil atau ekspor file. Dengan format RGB maka gambar ketika di edit dengan hasil gambar.jpg akan memiliki warna yang berbeda, coba teliti deh, nggak nemu? mungkin kamu belum mencoba mendalaminya karna baru buat satu gambar kan yaa, nanti kalau udah buat banyak, pindahkan file sana-sini ketemu deh bedanya.

Sedangkan jika menggunakan CMYK gimana? file export konsisten dong. Format CMYK biasa digunakan untuk mereka yang hobi membuat anime atau komik atau semacamnya. Kebetulan di keluarga penulis juga memiliki seorang anime, gambar yang sudah dibuat menggunakan CMYK mau-nggak-mau harus di ubah ke RGB agar bisa diuplad ke instagram dengan konsekuensi kontras warna akan menjadi berbeda. Sepintas mungkin ini tidak terlalu penting, tapi jika kamu menekuni atau setidaknya aware dengan anime dan komik dari sisi pembuat maka ini akan menjadi sebuah pengaruh yang besar khususnya pada bagian pewarnaan.

Nah, agar desain kamu tidak monoton maka bisa mengambil referensi yang sama dengan penulis yaitu menggunakan freepik.com

freepik.com

3. Aplikasi yang digunakan

Yang biasa penulis gunakan adalah adobe photoshop dan adobe illustrator. Pertama, setelah file desain di download dari freepik.com tadi maka gambar tersebut di edit melalui adobe illustrator yang hasilnya di ekspor kedalam bentuk image.svg. Kenapa dalam bentuk image.svg? Karna tidak ada file ekspor di adobe illustrator dalam bentuk setidaknya image.png atau image.jpg maka alternatifnya adalah dalam bentuk image.svg. Nanti file image.svg akan dibaca oleh photoshop dengan icon chrome atau explorer yang biasa kamu gunakan. It’s ok. Gunakan remove.bg untuk menghilangkan background yang mengganggu contoh file desain yang akan kamu gunakan dalam membuat sebuah konten.

Jika sudah selesai diedit maka selanjutnya membuat file baru di photoshop dengan ukuran frame 1:1 (lihat nomor 1), terdapat minimal tiga file yang akan diedit untuk satu konten yaitu :

a. File tempelate frame 1:1 dengan format image.png

b. Kemudian file yang udah diedit melalui adobe illustrator tadi dengan format image.svg

c. terakhir adalah create file ketika awal membuka diawal tadi dengan format image.psd.

Bagaimana jika banyak file yang akan diedit? Silahkan, penulis menyarankan setidaknya minimal terdapat 3 file tersebut ketika akan membuat sebuah konten melalui photoshop. Selain photoshop? Canva, file ekspor dari canva bisa diubah kedalam format photoshop image.psd.

Jika sudah selesai di edit, maka file di ekspor kedalam bentuk image.jpg dan siap diupload melalui ig dan fb sekaligus.

Baik, (ceritanya) saya paham. Tapi mulai dari mana? Kuykuy :

Pertama, buat frame default rasio 1:1 background transparan yang disimpan dalam bentuk image.png di photoshop. Untuk jaga-jaga simpan juga file dalam bentuk image.psd agar bisa diedit sewaktu-waktu.

setting frame
buat default frame

Kedua, ambil gambar yang mewakilkan konten yang akan ditayangkan. Gabungkan gambar asli (objek yang digunakan) dengan gambar animasi (sebagai fitur tambahan). Gambar asli bisa menggunakan kamera smartphone atau kamera jenis apapun. Gambar animasi diambil melalui freepik.com tadi, saran penulis gunakan fitur download file agar semua jenis file bisa dipilih untuk diedit, bukan menggunakan fitur klik kanan > save image. Ingat ya, untuk fitur gratis maksimal file yang bisa di download sebanyak 3 file. Buat folder baru untuk background, setelah download lanjutkan dengan ekstrak file.

download contoh konten dari freepik.com

Ketiga, edit file download dari freepik.com menggunakan adobe illustrator. Kemudian save file dengan format image.svg. Kenapa ekstensi svg? Cek kembali tulisan diatas.

Ekstensi file yang tersedia di Adobe Illustrator

Keempat, kembali ke photoshop. Buat file baru, ukuran frame dengan rasio 1:1. Oiya penulis biasa menggunakan ukuran 640 px X 640 px dengan resolusi 300 px dan format RGB, kenapa tidak 1080 px X 1080 px? Lebih ke kapasitas sih kayaknya, karna konten yang dibuat itu kontinu lagipun menggunakan adobe photoshop dan adobe illustrator itu juga membutuhkan minimal spesifikasi RAM di Windows. Jadi (ceritanya), supaya nggak nambah beban laptop siih tapi lain cerita kalau RAM nya guedee bet.Ppokoknya biar nggak bebankan laptoplah. Gitu. Cara mengetahui spesifikasi windows kamu bisa dilihat disni. Baik, kembali ke tema. Setelah buat file baru tadi, open semua file yang mendukung untuk konten kita. Dalam satu konten, penulis biasa mengedit minimal 3 file didalam photoshop (pembagiannya 3 file ini bisa lihat diatas ya). Setelah selesai, save file dalam bentuk image.jpg

contoh : gabung semua file di photoshop kemudian edit pada frame utama

Kelima, posting konten melalui instagram dan FB berbarengan supaya nggak kerja dua kali. Buat kepsyen yang menarik. Iklan siap untuk di promosikan deh.

Selain photoshop, kamu juga bisa menggunakan Canva. File yang dibuat melalui Canva dapat diekspor kedalam format image.psd jika ingin melanjutkan editing di photoshop. Untuk editing pertama kali disarankan menggunakan PC atau laptop, jika sudah paham bisa dicoba menggunakan smartphone. Karna jika langsung menggunakan smartphone, terdapat perbedaan dalam hal kontras yang sangat disayangkan apalagi jika iklan sudah tayang.

Gimana, mudah ya? Mudah donk, yang sulit itu memulainya ya kaan. Jangan lupa komentar & share supaya pinternya nggak sendirian.

Selamat mencoba

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *