Mengubah akun pribadi menjadi profesional pada Instagram

Hallo selamat kembali bergabung, ngomong-ngomong soal bisnis yang dijalankan menggunakan FB Ads rasanya iklan kurang greget gitu kalo cuma ditayangkan di FB doang soalnya pengguna instagram juga nggak kalah meroket khususnya di Indonesia. Apalagi sejak Instagram di akuisisi oleh Facebook maka potensi iklan bisa lebih dioptimasi.

Secara garis besar jika hanya ingin menjalankan iklan di FB maka cukup hanya menggunakan Fanpage, tetapi tidak berlaku sebaliknya jika kamu ingin memasang iklan di Instagram maka kamu harus memiliki Fanpage di FB. Bingung kan? Mungkin itu merupakan salah satu cara agar penayangan iklan lebih optimal, bisa jadi.

Iklan yang setting penayangannya melalui instagram maka laporan dan tayangan hanya bisa dilihat melalui instagram. Iklan yang disetting melalui FB, penayangannya bisa di FB ataupun instagram dan laporan iklan bisa dilihat melalui FB dengan rincian per klik dan jenis iklan yang lebih banyak dibanding instagram. Sesuai kebutuhan tentunya. Jika iklan ingin ditayangkan melalui FB dan instagram perlu dibuat campaign baru (tidak menggunakan postingan yang sudah ada). Jadi, campaign yang dibuat melalui FB tadi laporan bisa dilihat di FB dengan penayangan pada FB dan instagram tergantung jenis iklan. Bingung? Nanti kalo udah coba tau deh bedanya.

Nah, sebelumnya penulis sudah membuat tutorial tentang pembuatan Fanpage disini dan settingan awal FB disini . Kali ini kita lanjutkan dengan Instagram dengan asumsi iklan yang akan ditayangkan adalah melalui 2 media ini, kalo punya website e-commerce lebih bagus lagi untuk mempermudah proses transaksi. Tapi kalo belum punya website gimana? tetep bisa donk hehhe.

Sesuai judul, akun pribadi Instagram akan kita ubah menjadi profesional. Kenapa? karna ada fitur lengkap didalamnya especially untuk promosiin iklan kita. Kalo tetep mopake akun pribadi aja gimana? silahkan, nanti tayangannya hanya terbatas kepada follower, iya kalo follower ribuan atau ratus ribuan, lah ini followernya masih kayak penulis ratusan doang, ntah kapan sampai iklannya ditampilkan untuk banyak orang. Dengan kekuatan hashtag? Bisa jadi, bisa juga hashtag yang kamu buat postingannya tertimbun dengan postingan lain ya kan? who knows.

Penayangan iklan bisa berarti bahwa target bisa dibuat sesuai produk kemudian juga bisa meningkatkan follower, jadi nggak perlu lagi tu yang namanya “folbek ya kak” di akun lain (curcol). Sedikit nih tentang cara menambah follower ada 2 yaitu organik dan non-organik. Organik artinya kita konsisten memposting konten minimal 2 kali atau 3 kali seminggu, karna follower biasanya suka dengan kekonsistenan akun yang di follow nya. Tapi cara ini memakan waktu yang lama, dan harus sabar untuk itu. Pada momen yang tepat dengan konten yang tepat pula, jumlah follower akan bertambah dengan sendirinya. Kuncinya, harus sabar karna memakan waktu lama. Sedangkan non-organik adalah menggunakan iklan, cukup buat beberapa konten kemudian tayang iklan maka selama penayangan iklan jumlah follower akan bertambah sedikit demi sedikit tergantung jenis iklan. Tapi ini memerlukan biaya, makin besar target maka semakin besar pula biaya iklan yang diperlukan.

Nah gimana? dua metode diatas sama-sama bagus ya. Disesuaikan aja dengan kondisi kita, cara organik kayaknya nanti bisa dibahas pada postingan selanjutnya. Yang sekarang kita mao coba yang non-organik, sambil prakek yaa. Oiya, disarankan menggunakan akun baru ya tapi kalo tetep menggunakan akun yang sudah ada juga nggak apa-apa yang penting tahu resikonya. Kuy :

1. Login instagram

2. Pada pengaturan, klik beralih ke akun profesional

langkah satu

3. Terdapat dua pilihan yaitu bisnis atau kreator

langkah dua
langkah tiga

4. Pada Kategori, pilihannya adalah : layanan lokal, sistus web lokal & wisata, belanja & ritel, olahraga & rekreasi, real estate, hukum, restoran. Pilih salah satu yang mewakilkan bisnis kamu. Pada contoh adalah layanan lokal (menjual pecel enak we secara online)

langkah empat

5. Isikan info kontak yang sama ketika mengisi pada fanpage

langkah lima

6. Hubungkan ke Facebook yang memiliki Fanpage

langkah enam
langkah tujuh

7. Selesai. Perbandingan tampilan profesional dan pribadi bisa dilihat dibawah.

langkah 8

Bagaimana jika akun profesional dikembalikan ke akun personal? bisa, resikonya adalah data dan histori iklan sebelumnya akan hilang.

kembali ke akun pribadi

Iklan yang setting penayangannya melalui instagram maka laporan dan tayangan hanya bisa dilihat melalui instagram. Iklan yang disetting melalui FB, penayangannya bisa di FB ataupun instagram dan laporan iklan bisa dilihat melalui FB dengan rincian per klik dan jenis iklan yang lebih banyak dibanding instagram. Sesuai kebutuhan tentunya.

Gimana, mudah ya? Mudah donk, yang sulit itu memulainya ya kaan. Jangan lupa komentar & share supaya pinternya nggak sendirian.

Selamat mencoba

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *