Cara melakukan cek plagiarisme menggunakan smallseotools

Selamat datang, ini merupakan postingan pertama setelah sekian lama off. Terimakasih sudah bergabung, jangan lupa berikan komentar setelah selesai membaca artikel ini. Happy reading.

Sesuai judul saya akan melakukan uji coba cek plagiarisme menggunakan smallseotools secara gratis dengan kapasitas pengecekan sangat terbatas yaitu hanya 1000 kata per satu kali pengecekan, jika memiliki tulisan yang melebihi kapasitas maka disarankan melakukan pengecekan beberapa kali hingga semua tulisan telah di cek. Masalahnya adalah, kesulitan dalam hasil laporan yang banyak dan terpisah.

Jika ingin melakukan pengecekan dengan kapasitas tidak terbatas, silahkan berlangganan pada laman tersebut. Penulis memiliki satu laman berbayar bernama turnitin yang kurang lebih sama dengan smallseotools bedanya terletak pada database. Jika pengecekan menggunakan smallseotools atau laman cek plagiarisme lainnya yang digunakan secara gratis, maka hasil plagiarisme tidak terlalu signifikan dan hasilnya bisa berbeda jauh jika menggunakan turnitin.

Sebagai contoh, penulis melakukan pengecekan tulisan atau artikel pada smallseotools dengan hasil plagiarisme hanya sebesar 5%. Kemudian penulis melakukan hal yang sama pada turnitin dengan hasil plagiarisme sebesar 30%. Apa artinya? Kenapa berbeda? Mana yang lebih baik digunakan? Ada brapa banyak jenis cek plagiarisme ini? Manfaat nya apa?

Artinya, semakin besar persentase plagiarisme maka semakin besar pula tingkat ketidak aslian penulisan artikel atau makalah. Sebaliknya, semakin kecil persentase plagiarisme maka semakin kecil pula tingkat plagiarisme dari penulis atau bisa dikatakan keaslian penulisan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Berbeda karena, database memiliki pengaruh terhadap pencarian kemiripan tulisan atau similarity yang dalam hal ini turnitin memiliki database yang lebih lengkap dibanding smallseotools gratis. Sebagai contoh, terdapat database mhs 1 yang merupakan perwakilan turnitin dan database mhs 2 yang merupakan perwakilan dari smallseotools. Didalam database mhs 1 tersimpan data lengkap mahasiswa karna terhubung dengan sistem pangkalan data perguruan tinggi atau PDDIKTI sedangkan database mhs 2 tersimpan data yang dimiliki secara internal dan tidak terintegrasi dengan PDDIKTI sehingga jangkauan data menjadi terbatas. Dari sini, bisa dilihat mana yang lebih lengkap? Sudah tau kan ya perbedaannya dimana? intinya adalah pada penyimpanan. Turnitin terhubung dengan Google Schoolar, apa itu? Singkat cerita, itu merupakan media sosial nya para peneliti, selain dari Google Scholar juga ada LinkedIn, Scribd, dan Reseachgetnet. Hanya segitu yang penulis ketahui, selebihnya bisa dicari tahu sendiri ya karna itu diluar tema kita, lain waktu akan penulis bahas tentang media sosial nya para peneliti ini.

Yang lebih baik digunakan, tentu yang dapat melakukan cek plagiarisme penulisan kita secara keseluruhan namun jika memiliki keterbatasan maka dapat menggunakan yang gratis terlebih dahulu, nanti jika meliki kemampuan lebih apalagi jika menekuni penelitian maka bisa di upgrade demi efesiensi waktu.

Jenis-jenis cek plagiarisma ada banyak yang bisa kamu coba dan bandingkan diantaranya :

  1. smallseotools
  2. unicheck
  3. duplichecker
  4. plagscan
  5. copyscape
  6. scanmyessay
  7. dustball
  8. turnitin

Manfaat yang didapat, pastinya untuk menjamin keaslian sebuah tulisan. Dengan adanya tools yang bisa menganalisa dan membandingkan isi maka akan menjadi pelajaran penting bagi seorang penulis yang akan mempublikasikan tulisannya di OJS dan terindex di google scholar. OJS merupakan singkatan dari Open Journal System dimiliki oleh perguruan tinggi atau lembaga yang bereputasi nasional tidak terakreditasi, terakreditasi, dan internasional. Contoh OJS nasional terakreditasi adalah SINTA, GARUDA, ARJUNA, sedangkan internasional adalah SCOPUS. Scopus itu sejalan dengan Mendeley karena sama2 menggunakan akun dari Elsevier. Mungkin itu terlalu jauh, contoh yang paling dekat untuk mahasiswa adalah Kegiatan Mahasiswa seperti PKM yang dananya bisa dapat melalui SIMBELMAWA atau SIMLITABMAS dengan ketentuan kepustakaan dibuat melalui MENDELEY yang diadakan setiap tahun oleh pemerintah.

Biar sesuai dengan judul, penulis akan memberikan tutorial bagaimana cara melakukan cek plagiarisme untuk tugas kuliah dengan kapasitas tidak melebihi 1000 kata pada smallseotools. Kuy

  1. Buka laman smallseotools melalui desktop atau smartphone :
smallseotools melalui desktop

2. Ada banyak cara untuk memasukkan tulisan. Cara pertama ada upload file, yang kedua dari google drive atau dropbox, dan terakhir adalah copy paste tulisan dari word ke laman web.

tulisan yang sudah di copy paste, klik Check Plagiarism

3. Jika jumlah kata tidak melebihi 1000 kata maka tulisan akan segera di proses, namun jika melebihi kapasitas maka silahkan dikurangi terlebih dahulu. Kita asumsikan kalimat tidak melebihi 1000 kata, maka langkah selanjutnya adalah klik tombol Check Plagiarism kemudian tunggu beberapa saat

Completed check 100%, 0% Plagiarism, 100% Unique

4. Setelah mendapatkan hasil similarity, hasil laporan dapat di download untuk dipelajari lebih lanjut. Scroll ke bawah, temukan Download Report, nanti klik save file. File download adalah dalam bentuk PDF.

Download Report berupa PDF

BONUS!!

Dengan cara yang sama, penulis melakukan cek plagiasi melalui turnitin untuk mencari tau seberapa besar perbedaan similarity nya.

Cek plagiasi menggunakan turnitin

Mudah bukan? hasil laporan yang sudah kamu download nanti dilampirkan bersama tugas yang sudah kamu buat pada mata kuliah saya dan dikumpulkan ke gc. Besar persentase similaritas atau matakuliah apa? Nanti yang dapat inpoh tau sendiri, jika belum maka bersiap-siaplah anda wahai mahasiwa. Sedangkan bagi yang sudah mempelajarinya, ini bisa dijadikan tambahan referensi. “Oo ternyata saya kemarin buat artikel dengan mendeley fungsinya untuk ini… itu.. blablabla… ” Gitu kira-kira kalimatnya Sehingga dalam mengumpulkan latihan atau makalah atau artikel dibarengi dengan hasil similarity nya sebagai perbandingan dan untuk mengetahui bahwa tugas yang dibuat benar-benar ditulis sendiri, bukan sekedar copas kalimat atau paragraf dari website atau jurnal artikel saja.

Yang lebih baik digunakan, tentu yang dapat melakukan cek plagiarisme penulisan kita secara keseluruhan namun jika memiliki keterbatasan maka dapat menggunakan yang gratis terlebih dahulu, nanti jika meliki kemampuan lebih apalagi jika menekuni penelitian maka bisa di upgrade demi efesiensi waktu.

Gimana, mudah ya? Mudah donk, yang sulit itu memulainya ya kaan. Jangan lupa komentar & share supaya pinternya nggak sendirian.

Selamat mencoba.

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *